Friday 20 November 2015

Menghilangkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam di wajah akibat jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Selain mengurangi rasa percaya diri, flek hitam ternyata juga merupakan penyakit kulit yang memerlukan penanganan secara tepat. Namun begitu, banyak orang masih menganggap sepele flek hitam. Padahal, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat ini tidaklah sulit jika dilakukan dengan sabar dan teratur. Mulai dari penggunaan bahan bahan alami hingga terapi kecantikan dapat dijadikan pilihan.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan kulit buah lemon

Tidaklah sulit untuk menemukan bahan bahan alami di sekitar kita untuk mengobati flek hitam. Jika anda berbelanja keperluan bahan masakan harian, jangan lupa masukkan mentimun dan pepaya dalam daftar belanja karena kulitnya dapat dijadikan obat penghilang flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kulit buah ini cukup mudah. Anda hanya tinggal menggosok gosokkan kulit mentimun ke wajah dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Sedangkan pengobatan dengan kulit pepaya yaitu cukup dengan cara menempelkannya saja di wajah selama beberapa menit.
Tidak hanya kulit buah, lidah buaya yang selama ini dikenal sebagai bahan penutrisi rambut juga bisa digunakan. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan ini adalah dengan membuat masker wajah. Caranya : lidah buaya diparut hingga halus, campurkan dengan sedikit minyak zaitun, lalu aduk hingga merata. Oleskan pada wajah seperti penggunaan masker biasa, diamkan sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan rutin setiap hari sampai flek hitam terasa berkurang dan samar.
Pilihan bahan bahan alami lainnya untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat diantaranya :
  • Perasan jeruk lemon. Caranya, peraslah buah lemon secukupnya lalu ambil kapas bola. Usapkan kapas dengan perasan lemon tersebut ke wajah, diamkan beberapa saat hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Parutan kentang. Caranya, parut 2-3 buah kentang kemudian peras memakai saringan yang bersih. Tambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok teh madu. Lalu usapkan ke area wajah yang berflek hitam. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan
Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat menggunakan terapi laser
Bagi anda yang memiliki flek hitam membandel dan susah memudar, dapat memilih cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara cepat. Yaitu dengan menjalani sejumlah terapi kecantikan seperti terapi laser, chemical peeling, hingga operasi pengangkatan kulit. Dari tiga pilihan perawatan tersebut, terapi laser tergolong aman dan tidak sakit. Laser yang digunakan pun biasanya berdosis rendah dan berlensa khusus. Hanya saja, setelah perawatan terkadang timbul sensasi rasa  panas seperti terbakar dan wajah sedikit terlihat bengkak serta kemerahan. Namun, efek ini hanya berlangsung dalam 24 jam atau kurang dan hasil yang diperoleh juga lebih memuaskan.
Jika anda memilih melakukan perawatan chemical peeling atau mungkin operasi pengangkatan kulit, biasanya akan timbul rasa sakit pada wajah pasca perawatan. Hasilnya, flek bekas jerawat akan memudar secara cepat namun kadang bahan kimia dari obat yang dipakai bisa menimbulkan efek samping lain seperti iritasi kulit atau adanya luka terbuka pada kulit wajah.
Meskipun ada banyak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara alami dan cepat, ada baiknya sebelum timbul banyak noda hitam menumpuk pada wajah dilakukan langkah langkah pencegahan agar kulit wajah tetap bersih dan segar. Hindari konsumsi makanan dengan banyak lemak, rajin melakukan perawatan wajah secara berkala, serta memilih produk pembersih wajah yang terjamin legalitas dan keamanannya bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat yang menyebabkan flek membandel.
Demikian semoga bermnafaat dan selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment